Monday, September 2, 2013

Tumbuhan biji tertutup (Angiospermae)



Berlainan dengan kelompok-kelompok tumbuhan yang sampai sekarang telah dibicarakan pada tumbuhan biji tertutup itu bakal bijinya selalu diselubungi oleh suatu badan yang berasal dari daun-daun buah yang dinamakan bakal buah, yang kemudian kadang-kadang beserta bagian lain dari bunga akan tumbuh menjadi buah dan bakal biji yang telah menjadi biji terdapat didalamnya. Karena tempat bakal biji yang tersembunyi itu serbuk sari tidak dapat secara langsung sampai pada bakal biji, melainkan mula-mula jatuh diluar bakal buah, pada suatu alat (organ) yang disebut kepala putik yang biasanya dengan bakal buah bersambungan
dengan tangkai kepala putik. Bakal buah, tangkai kepala putik, dan kepala putik merupakan suatu alat yang dinamakan putik. Serbuk sari yang jatuh pada kepala putik lalu tumbuh merupakan buluh serbuk yang terus menuju ke bakal biji dan berguna sebagai perantara untuk menyampaikan sel-sel kelamin betina kepada sel kelamin jantan.
Gametofit lebih sederhana lagi. Dalam buluh serbuk sari tak terdapat sel-sel protalium, dan sel-sel kelamin betina tidak lagi berupa spermatozoid. Dalam bakal biji, dari makrospora yang berupa kandung lembaga tidak terbentuk makroprotalium yang bersel banyak dan tidak ada pula arkegonium. Gametofit jantan hanya berupa beberapa sel saja dan satu diantaranya ialah sel telurnya. Sehabis peleburan dengan salah satu inti sperma, terjadilah embrio. Inti sperma yang kedua mengadakan peleburan dengan inti kandung lembaga sekunder yang nantinya akan merupakan putih lembaga sekunder. Peristiwa itulah yang disebut pembuahan ganda.

0 comments:

Post a Comment