Saturday, December 7, 2013

Lichenes Graphis sp.



Klasifikasi  Graphis scipta menurut Setyawan (2001) :
Kingdom : Fungi
Divisi : Lichenes
Kelas : Ascolichenes
Ordo : Graphidales
Family : Graphidaceae
Genus : Graphis
Species : Graphis scipta

Menurut Subandi (2010) bahwa krustose memiliki thalus yang berukuran kecil, datar, tipis, dan selalu melekat pada permukaan batu, kulit pohon, dan permukaan tanah. Jenis lichens krustose ini susah dicabut tanpa merusak substratnya.

Menurut Tjitrosoepomo (2001) bahwa lumut kerak jenis Graphis sp. berwarna abu-abu. Habitatnya melekat pada pohon atau batang kayu yang sudah mati. Pada bagian anatomi tampak 2 lapisan yaitu lapisan alga dan jamur. Graphis sp. memiliki thallus tipe crustose yang tumbuh terbenam pada jaringan tumbuhan disebut endoploidik atau endoplodal.  Graphis sp. memiliki distribusi yang luar biasa luas dan banyak ditemukan diseluruh amerika serikat dan eropa. Meskipun kurang umum dari pada 50 tahun lalu karena seperti banyak lumut, sangat sensitive terhadap polusi udara.

Menurut Campbell (2004) bahwa secara anatomi lichenes juga memiliki bagian-bagian yang menarik karena adanya lapisan fungi atau lapisan luar korteks yang tersusun atas sel-sel jamur yang tidak rapat dan menempel kuat untuk menjaga agar lumut kerak tetap tumbuh dan lapisan alga yang mengandung ganggang serta terdapat rhizome yang tersusun atas sel-sel jamur yang tidak rapat dan menempel kuat pada substrat yang dikenal sebagai rhizoid atau lapisan lichens yang paling kuat melekat atau menempel pada substrat ini yang paling terkenal adalah pyrenolichenes.

0 comments:

Post a Comment